Senin, 03 Juni 2013

NYALAKAN CAHAYANYA


"Happiness can be found even in the darkest of times…if one only remembers to turn on the light." - Dumbledore (Kebahagiaan dapat ditemukan, bahkan di masa-masa tergelap sekalipun... hanya jika seseorang ingat untuk menyalakan cahaya.)

Dalam kondisi yang sulit dan terjepit, kita seringkali sibuk dengan permasalahan dan kekuatiran kita, kebingungan kita, kesedihan kita, kegagalan kita. Intinya adalah, kita kehilangan kemampuan untuk berpikir jernih, apalagi memikirkan hal baik apa yang ada di balik permasalahan tersebut. Karena terlalu mendalami rasa sakit, kita buta hati dan pikiran kita hidup dalam kegelapan total.

Seperti orang yang tinggal dalam ruang gelap tanpa cahaya, kita merasa kesulitan untuk bergerak. Kenapa? Karena walaupun itu ruangan kita, kita masih saja kuatir akan salah langkah, menabrak sesuatu, terjatuh, dan merasa kesakitan. "Boro-boro" berpikir positif, gelap karena mati lampu saja kadang cukup membuat kita was-wasan.

Kita mungkin bertanya, "Kebahagiaan macam apa yang bisa kuperoleh dalam kegelapan, kegagalan, dan kesakitan?" Bagi Harry, kebahagiaan yang muncul dalam masa-masa gelapnya mungkin: Kehadiran dan kesetiaan sahabat-sahabatnya, yang membuatnya tahu bahwa ia tidak akan kesepian dan tidak akan berusaha sendirian. Lalu, bagaiamana? Apakah Anda sudah menemukan kebahagiaan yang tersembunyi di balik kesusahan Anda? Pertanyaan ini bisa kita jawab saat hati dan pikiran kita tenang, dan tidak membiarkan masalah mengusiknya.

Dalam kegelapan, kita pasti akan berusaha untuk mencari sumber terang. Kita tentu tidak ingin terus tinggal dalam gelap, bukan? Soal hati dan pikiran pun demikian. Jika hidup menjadi terasa berat dan sulit, jangan biarkan hati kita dibuat gelap oleh keadaan. Temukan cahaya, nyalakan cahaya, dan lihatlah kebahagiaan yang tersembunyi di baliknya. Selalu ada maksud baik di balik setiap persoalan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar