Jumat, 07 Juni 2013

HILANG NAMUN TAK PERNAH HILANG


"Anyway, my mum always said things we lose have a way of coming back to us in the end. If not always in the way we expect." Luna Lovegood (Lagipula, ibuku bilang kalau segala yang hilang dari kita selalu punya cara untuk kembali kepada kita, pada akhirnya... meski tidak selalu dengan cara seperti yang kita harapkan.)

Harry mengalami kesedihan yang mendalam karena satu-satunya keluarga yang diidam-idamkannya, setelah orang tuanya, Sirius Black, mati di tangan Bellatrix. Ayah baptisnya itu mungkin tidak ada hubungan darah dengan Harry, akan tetapi kasih dari keluarga yang diimpikan Harry ada dalam dirinya. Dalam perasaan kehilangan yang begitu besar,  Luna, gadis yang barang-barangnya sering sekali disembunyikan oleh teman-teman asramanya ini, ada sebagai salah satu teman yang menghiburnya.

Memang benar, Harry telah banyak mengalami kehilangan dalam hidupnya, akan tetapi, jika dipikirkan lagi, tidak sedikit juga hal yang diterimanya. Ia memiliki dua sahabat yang setia, Ron dan Hermione. Ia memiliki teman-teman yang mendukungnya, tidak disanksikan lagi. Keluarga Ron juga menganggapnya anggota keluarga. Guru-guru juga banyak yang berdiri di pihaknya, dan masih banyak lagi. Intinya, kehilangan orang tua dengan cara yang tragis tidak membuatnya kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keluarga besar yang luar biasa.

Kita mungkin juga mengalami banyak sekali kehilangan, kehilangan yang mengakibatkan luka yang teramat dalam di hati kita. Kita gagal, kita sedih, kita rugi, kita dikecewakan, tapi apakah cerita kehidupan kita berhenti di sana? Tidak, selama masih ada waktu, kita masih memiliki kesempatan untuk memperoleh segala yang hilang itu kembali. Kita memang tidak akan mendapatkan kembali waktu yang sudah terbuang lewat, namun kita punya kesempatan untuk memperbaiki hidup kita dan berusaha untuk bangkit di waktu-waktu berikutnya.

Kehilangan seperti apa yang pernah kita alami? Apapun itu, jangan seberapa banyak kehilangan yang telah kita alami, melainkan fokuslah pada hal-hal yang sudah kita peroleh. Dengan demikian, kita akan bersyukur ketimbang kecewa, bahagia ketimbang bersedih, dan tersenyum ketimbang menangis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar