Senin, 10 Juni 2013

UNTUK YANG KITA SAYANGI


"Obliviate," Hermione Granger.

Gambar di atas adalah salah satu adegan yang tidak dapat membuat saya berhenti menangis. Hermione dalam kesedihannya, terpaksa mengucapkan mantra penghilang memori kepada kedua orang tuanya. Dengan sadar, ia membuat orang tuanya melupakan bahwa dirinya pernah ada dalam kehidupan mereka. Semuanya karena semata-mata ia ingin melindungi mereka, hanya untuk melindungi mereka.

Hermione yang menyadari bahwa dengan sekembalinya Voldemort, rumah bukan lagi tempat yang aman baginya. Ia mungkin bisa masih bisa melindungi dirinya sendiri, tapi tidak dengan kedua orang tuanya-mereka hanya muggles, orang biasa. Mengetahui bahwa ia harus menghilangkan jejak apapun yang dapat menarik para Pelahap Maut, ia memilih untuk menghapus segala ingatan tentang dirinya di rumah itu, termasuk dari ingatan kedua orang tuanya.

Keputusan Hermione untuk menghilang dari kehidupan orang tuanya adalah keputusan terbaik. Banyak nyawa yang harus dipertaruhkan kemudian, dan dia tahu di tidak bisa tetap ada di sana untuk melindungi mereka. Bahkan, mungkin dia juga sadar bahwa belum tentu ia dapat kembali hidup-hidup dari pertempuran yang harus dihadapinya. Akhirnya, untuk meniadakan rasa sakit yang nantinya mungkin muncul dalam hati kedua orang tuanya karena kehilangan dirinya, lebih baik jika ia sendiri yang menyimpan memori tentang mereka.

Orang tua adalah wakil Tuhan bagi kita. Dari mereka kita beroleh kasih sayang dan segala yang kita butuhkan untuk mampu menghadapi dunia. Sebaliknya, anak adalah harta tak ternilai yang dititipkan Tuhan kepada para orang tua. Karenanya, tidak akan ada orang tua yang penuh kasih, yang dapat kehilangan anaknya. Jadi, selama masih ada hari, lakukan yang masih bisa kita lakukan untuk orang-orang yang kita sayangi, karena jika tidak, kita akan menyesal karena telah membuang kesempatan-kesempatan itu. Akan tiba waktu di mana kita harus berpisah dengan orang tua atau anak-anak kita, entah itu hanya untuk sementara atau untuk selamanya. Yang pasti, gunakan waktu yang ada ini dengan baik, yaitu untuk menunjukkan bakti atau sayang kita kepada mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar