Rabu, 05 Juni 2013

LAKUKAN SESUATU YANG NYATA


"Dumbledore's Army is supposed to be about doing something real." Neville (Laskar Dumbledore seharusnya melakukan sesuatu yang nyata.)

Perkataan "sekuat" itu keluar dari mulut seorang anak laki-laki yang dulunya penakut, bicara tergagap-gagap, tidak pandai mengambil keputusan, paling "apes" di kelas, paling tidak bisa membuat mantra, dan sering diremehkan oleh orang lain. Dia tidak lain dan tidak bukan adalah Neville Longbottom. Dari seorang anak yang biasa-biasa saja, Neville berhasil mengatasi ketakutan dan kesepiannya karena kehilangan orang tua dengan cara yang tragis. Selain Harry, Neville-lah yang berhasil menarik keluar pedang Godric Gryffindor dari Topi Seleksi, dan membunuh Nagini, ular peliharaan Voldemort. Luar biasa, bukan!

Kata-kata Neville sangatlah benar, Laskar Dumbledore seharusnya melakukan sesuatu yang nyata. Andaikata waktu itu Hermione tidak punya inisiatif untuk membuat kelas rahasia, andaikata Laskar Dumbledore tidak berlatih menggunakan mantra-mantra pertahanan terhadap sihir gelap, Harry pasti kelabakan melawan para Pelahap Maut. Jelas sekali mereka berlatih tidak hanya untuk bermain-main, namun untuk mempersiapkan diri menghadapi pertempuran besar yang menanti.

Mungkin kita seperti Neville, orang biasa, tidak istimewa, lebih sering "apes" daripada mujurnya, penakut dan tidak bisa mengambil keputusan. Akan tetapi, kita bisa saja tidak membiarkan diri terus tenggelam dalam kesedihan dan kepahitan masa lalu yang membuat kita menjadi penakut, dan memutuskan untuk menghadapi masa depan dengan persiapan yang matang. Yang perlu kita tanamkan dalam hati adalah bahwa kita harus melakukan sesuatu yang nyata. Ya, sesuatu yang benar-benar nyata.

Memang benar bahwa dalam prosesnya kita akan jatuh, terluka, gagal... namun kita bisa bangkit lagi. (Ingat, bangkit itu pilihan!) Di hadapan kita masih ada pertempuran hidup yang harus kita hadapi. Kalau kita masih menjadi orang yang biasa-biasa saja, kita pasti akan kalah. (Diperlukan cara-cara yang tidak biasa untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa.) Sekarang, mari kita lakukan sesuatu yang nyata!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar